Lihat Lowongan Kerja Kesehatan DI SINI

Daftar Rumah Sakit Ketergantungan Obat (RSKO) di Indonesia

Daftar rumah sakit ketergantungan obat (RSKO) di seluruh Indonesia lengkap

Rumah Sakit Ketergantungan Obat (RSKO) merupakan rumah sakit (RS) yang secara khusus menangani layanan kesehatan dibidang penyalagunaan NAPZA (Narkoba, Psikotropika dan Zat Adiktif lainnya). Rumah sakit ini juga sebagai tempat untuk rehabilitasi pengguna NAPZA.

Rumah Sakit Ketergantungan Obat (RSKO) di Indonesia
Daftar RS Ketergantungan Obat

Saat ini di Indonesia angka persebaran penggunaan NAPZA cukup sangat memperhatikan. Karena tak lagi menyasar para orang dewasa, namun sudah merambah pada anak, remaja, bahkan wanita dari berbagai kalangan.

Daftar Isi

Penyalagunaan NAPZA bisa dibagi menjadi pengedar atau bandar serta pecandu. Pecandu dapat diartikan sebagai pesakitan yang memerlukan perawatan dan seharusnya juga mendapat perlakuan berbeda dari pengedar/bandar yang jelas-jelas melalukan pelanggaran hukum/tindak kriminal.

Daftar RS Ketergantungan Obat di Indonesia

Sebagian besar tahanan dan narapidana kasus narkoba masuk kategori pemakai bahkan korban, apabila dilihat melalui aspek kesehatan mereke sebenarnya orang-orang yang menderita sakit.

Oleh karena itu, memasukkan kedalam penjara bukanya hal yang tepat, karena bisa mengabaikannya dari segi perawatan dan pengobatan.

Para pecandu serta narapidana tersebut dapat melakukan pengobatan ataupun perawatan dan diperhitungkan sebagai masa menjalani hukuman.

Mereka berhak mendapatkan layanan rehabilitasi, itu merupakan hak bagi pecandu untuk mendapatkan layanan terapi dan rehabilitasi. Rehabilitasi secara medis dapat dilakukan di rumah sakit yang telah ditunjuk oleh Menteri Kesehatan.

Berikut adalah daftar beberapa rumah sakit ketergantungan obat yang ada di Indonesia saat ini.

Rumah Sakit Ketergantungan Obat Jakarta

Rumah Saki Ketergantungan Obat (RSKO) Jakarta merupakan RS milik Kementerian Kesehatan (Kemkes) yang terletak di Jl. Lapangan Tembak No.75 Cibubur Jakarta Timur 13720.

Awalnya RSKO ini digagas oleh Bapak H. Ali Sadikin mantan gubernur DKI Jakarta, dr. Herman Susilo (mantan Ka. Dinkes DKI Jakarta), Prof. dr. Kusumanto Setyonegoro (mantan Ka. Ditkeswa Depkes) dan bagian Psikiatri Universitas Indonesia.

RS Ketergantungan Obat (RSKO) Jakarta
RS Ketergantungan Obat (RSKO) Jakarta

RS ini mulanya beroperasi tanggal 12 Apruk 1972, sebagai upaya untuk mencukupi kebutuhan rakyat luas terkait rumah sakit pemerintah yang secara khusus memberikan pelayanan bagi penyalagunaan NAPZA.

Pada tahun 2002 akhirkan dilakukan soft opening di Cibubur, Jakarta Timur. Karena banyak tanggapan positif serta naiknya kebutuhan masyarakat akan layanan kesehatan ini.

Hingga saat ini, RSKO Cibubur Jakarta telah memiliki beberapa Poliklinik antara lain.

  1. Klinik Umum
  2. Klinik Spesialis Jiwa
  3. Klinik NAPZA
  4. Klinik Spesialis Penyakit Dalam
  5. Klinik Spesialis Penyakit Syaraf
  6. Klinik Gigi
  7. Klinik Spesialis Anak
  8. Klinik Psikologi
  9. Klinik Metadon
  10. Klinik Spesialis Penyakit Paru
  11. Klinik Geriatri

Selain daftar poliklinik di atas, RSKO Jakarta juga terdapat Instalasi Gawat Darurat (IGD), Rawat Inap, Penunjang Medis, Ambulance VIP, dan lain sebagainya.

Untuk informasi lebih lengkap terkait RSKO Jakarta bisa kalian lihat melalui https://rsko-jakarta.com/.

Sekian informasi terkait Rumah Sakit Ketergantungan Obat (RSKO) di Indonesia. Semoga informasi ini bisa bermanfaat bagi kalian semua, jangan lupa untuk bagikan ke sosial media kalian ya.

Kenali Wildan Wiarta a.k.a Seven Foresight lebih dekat di wildanwiarta.my.id

1 comment

  1. Tutup
© Rumah Sakit. All rights reserved. Developed by Jago Desain